Jual beli yang terlarang adalah

Jual beli yang terlarang adalah

Jawaban

1. Maisir

Maisir ialah permainan yang sering kita temui. Bermula dari hanya ingin ikut-ikutan tanpa tahu halal atau haram hingga terjerumus berbuat hal haram ini. Syarat permainan ini dilakukan dengan adanya taruhan dan sudah disepakati bahwa si pemenang akan mendapatkan keuntungan yang diberikan oleh pihak yang kalah. Contoh permainanya ialah undian, bertaruh dengan uang dan masih ada banyak lagi.

2. Gharar

Tahukah kamu apa itu gharar?. Gharar merupakan suatu transaksi yang sering terjadi tapi banyak yang tidak sadar dan mengetahuinya. Gharar disebut transaksi tidak jelas karena si pembeli tidak mengetahui keadaan dan fisik dari barang yang dia beli begitu pula dengan di penjual sendiri. Transaksi ini harus di hindari karena dapat merugikan satu pihak. Contohnya tidak jauh dari kehidupan sekitar kita yaitu menjual buah-buahan yang masih di pohonnya.

3. Tadlis

Tadlis adalah jual beli yang menyembunyikan identitas suatu barang terhadap si pembeli. Dengan itu, si penjual mendapatkan keuntungan lebih karena merugikan pihak pembeli. Salah satu contohnya ialah mengurangi takaran timbangan dari suatu barang yang dijual. Misalnya, kamu sebagai seorang pembeli buah jeruk. Kamu ingin membeli jeruk sebanyak 1 kilo. Karena tujuan si penjual adalah mencari keuntungan maka dia menguragi takaran jeruk dibawah 1 kilo dalam keadaan kamu tidak sadar. Dari situlah terjadi transaksi haram yang disebut tadlis.

4. Riba

Riba merupakan hal sangat sering kita jumpai juga. Banyak yang telah mengetahuinya tetapi tetap dilakukan.

وَحَرَّمَ الرِّبَا

” Dan Allah telah mengharamkan riba.” (QS. Al-Baqarah : 275)

Sudah jelas, bukan? Allah swt sangatlah mengharamkan riba. Diharamkan karena akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti mengalami keburukan dan kerugian terhadap pihak lainnya. Riba juga membawa kita kedalam dosa besar. Contohnya, Ketika kamu meminjam uang kepada teman tapi temanmu memberimu syarat. Dengan syarat, Ketika membayarnya kamu diharuskan untuk membayar dua kali lipat dari yang kamu pinjam.

Baca Juga :  Tulislah pesan yang terdapat pada dongeng petani yang baik hati

5. Ghabn

Ghabn ialah transaksi yang dilakukan penjual dengan menaikan harga objek barang di atas harga pasaran tanpa diketauhi oleh pembeli caranya dengan membujuk pembeli. Penjual membujuk pembeli dengan mengatakan bahwa barangnya langka atau dengan pembawaan kata yang baik sehingga pembeli mempercayainya. Sebagai umat muslim, kita harus cermat untuk memilih atau membeli barang supaya tidak ada pihak yang dirugikan karena transaksi ini.