5 Jenis investasi islami tanpa riba
madesain.com

5 Jenis investasi islami tanpa riba

5 Jenis Investasi islami tanpa Riba – Apakah selama ini Anda hanya menyimpan uang di bank konvensional dalam bentuk tabungan saja? Meskipun kita tahu bahwa Menabung bukanlah hal yang salah tentunya, dan itu merupakan tindakan yang baik guna menjadi tempat penyimpanan uang yang aman.

Rutinitas dalam kegiatan menabung memanglah merupakan rutinitas yang bagus dan baik, akan tetapi menabung saja belum tentu cukup buat menolong Anda capai arah keuangan yang ada, misalkan beli rumah baru, mobil baru, beribadah Haji, atau dana pensiun.

Karena itu, Anda dapat coba investasi syariah yang bebas riba dan telah sesuai tuntunan Islam. Insyaallah, keuangan Anda akan menjadi lebih baik sekalian perbanyak pahala dengan 5 jenis bentuk investasi syariah di bawah ini, yang insya allah terbebas dari dosa riba.

5 Jenis investasi islami tanpa riba

Berikut ini adalah 5 Jenis investasi islami tanpa riba yang bisa dijadikan referensi bagi para saudara muslimin yang ingin menemukan bentuk investasi islami yang terhindar dari riba, adapun sebagai berikut.

Deposito syariah

Deposito syariah
Ma Desain.com

Untuk Anda yang sangsi untuk memulai jalankan investasi syariah, deposito syariah menjadi permulaan. Idenya sendiri sama dengan tabungan secara umum, yaitu menyimpan beberapa uang di bank. Perbedaannya, deposito syariah memakai ikrar mudharabah yang memberi untuk hasil (nisbah) daripada bunga.

Saat Anda buka rekening deposito syariah, Anda pun buka persetujuan dengan faksi bank masalah nisbah yang hendak diberi diakhir masa deposito. Misalkan, Anda dan bank bermufakat untuk nisbah 60:40, di mana kelak Anda sebagai nasabah akan memperoleh jatah 60% hasil dari investasi islami tanpa riba ini. Lumayan gampang, kan?

Baca Juga :  Mengenal apa itu investasi crypto bitcoin

Emas atau Logam MuliaCara Menghitung Harga Emas Perhiasan

Beberapa orang yang malas mengawali investasi syariah karena takut memberikan uangnya pada beberapa hal yang tidak nyata, walau sebetulnya tidak jadi masalah. Nach, bila Anda satu diantaranya, karena itu dapat pilih emas sebagai instrument investasi syariah.

Di sejumlah negara, peranan emas yang terhitung sebagai nilai ganti menjadikan berlawanan dengan hukum Islam. Berbeda kembali dengan di Indonesia, menabung emas sendiri telah digolongkan sebagai mubah oleh Majelis Ulama Indonesia, alias dibolehkan bahkan juga disarankan.

Tipe investasi syariah ini telah terkenal semenjak jaman leluhur karena gerakan harga yang condong konstan. Berita baiknya, Anda sekarang dapat menabung emas lewat cara online tak perlu ribet simpan tangkai emas di peti uang. Melalui basis online, Anda juga dapat menabung emas sampai kelak dananya cukup buat beli 1 gr emas.

Saham syariahsaham syariah

Apa saham terhitung ke investasi syariah? Jawabnya, sudah pasti! Tetapi, ada banyak hal yang perlu jadi perhatian karena tidak seluruhnya saham dapat dikelompokkan sebagai investasi syariah.

Pertama, aktivitas usaha dari saham yang diperjual belikan harus sama sesuai konsep syariah. Maknanya, jangan terkait dengan beberapa hal yang tidak dipastikan halal. Ke-2 , semua proses transaksi bisnisnya memakai proses syariah.

Disamping itu, Anda harus juga pastikan perusahaan sekuritas tempat Anda beli saham syariah ini telah dipantau dan kantongi ijin dari OJK dan Dewan Pengawas Syariah (DPS), satu diantaranya seperti Berdikari Sekuritas.

Sama seperti dengan investasi saham konservatif, Anda perlu ingat jika investasi saham syariah ini imbal hasilnya besar tetapi resikonya juga sama besarnya. Untuk investor yang belum ingin hadapi resiko terlalu besar, dapat pilih saham syariah JII70 yang paling likuid.

Baca Juga :  Cara Menggunakan ShoppePay untuk Belanja

Sukuk retailsukuk ritel

Apakah itu sukuk? Sukuk ialah surat bernilai yang dikeluarkan oleh pemerintahan atau swasta. Dalam investasi syariah sendiri, Anda yang berminat untuk melakukan investasi sukuk dapat pilih sukuk retail yang dikeluarkan oleh pemerintahan.

Sukuk retail diatur sesuai beberapa prinsip syariah dengan coupon berbentuk ujrah yang hendak dibayar tiap bulan dengan jumlah yang serupa sampai akhir masa.

Sukuk retail sendiri mempunyai tenor sampai tiga tahun dan dapat diperjualbelikan kembali di pasar sekunder untuk memperoleh capital gain.

Berminat untuk cobanya? Saat ini tinggal menanti sampai tanggal peluncuran SBN retail syariah di selama setahun 2021. Luar biasanya kembali, investasi sukuk retail selainnya datangkan keuntungan di dunia dan akhirat, sebagai dana untuk pembangunan negara!

Reksa dana syariahreksdana syariah

Ingin investasi syariah yang bebas repot? reksa dana syariah opsinya. Dana investasi Anda ini akan diatur oleh Manager Investasi dan didistribusikan ke beberapa produk investasi yang tentu saja telah sesuai konsep syariah Islam.

Saat ini, reksa dana syariah juga semakin digemari, bisa dibuktikan dengan peningkatan sejumlah 600% pada reksa dana syariah semenjak lima tahun akhir-akhir ini.

Masalah reksa dana syariah, sangat penting untuk Anda untuk cermat saat menentukan produk reksa dana dan Manager Investasi yang akurat.

Karena itu, percayakan saja pada MOST, program investasi online dari Berdikari Sekuritas yang telah diperlengkapi dengan service mendalam, hingga Anda dapat mengurus investasi syariah dari manapun serta kapan pun.

Penutup

Itulah tadi beberapa Jenis Bentuk Investasi Syariah yang dapat kalian jadikan sebagai bentuk investasi islami tanpa riba, yang insya allah investasi syariah tersebut terbebas dari riba.