Cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan
madesain.com

Cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan online lewat hp

Cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan – Apakah kalian seorang pekerja yang terdaftar sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan ?

Sudah tahukah kalian, tentang manfaat apa saja yang bisa kalian dapatkan, saat tergabung menjadi peserta atau anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan saat menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan di antaranya seperti Mulai dari biaya pengobatan kecelakaan kerja, santunan tunai dari kecacatan ataupun kematian, beasiswa untuk anak, dana pensiun, hingga tabungan hari tua.

Apa itu BPJS Ketenagakerjaan

Mungkin sedikit penjelasan ringkas, mengenai apa itu BPJS Ketenagakerjaan, yang mungkin juga banyak peserta yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, namun tidak tahu apa itu BPJS Ketenagakerjaan.

Jika berdasarkan penjelasan dari Wikipedia, tentang apa itu BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan), sejak akhir 2019 secara resmi menggunakan nama panggilan BPJAMSOSTEK, merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu akibat hubungan kerja. Sebagai lembaga negara yang bergerak dalam bidang jaminan sosial, BPJS Ketenagakerjaan merupakan pelaksana undang-undang jaminan sosial tenaga kerja.

BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya bernama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), yang dikelola oleh PT Jamsostek (Persero), namun sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT Jamsostek berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan sejak tanggal 1 Januari 2014.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Saat pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah tidak bekerja lagi di perusahaan, maka pekerja tersebut dapat mengambil dana JHT atau jaminan hari tua.

Baca Juga :  Cara aktivasi akun cek bansos

Untuk cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan jaminan hari tua, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi, adapun syarat yang harus disiapkan adalah sebagai berikut.

Syarat Mencairkan JHT BPJS

Beberapa syarat yang harus dimiliki dan disiapkan agar Jaminan Hari Tua bisa di cairkan adalah sebagai berikut.

  1. Kartu BPJS Ketenagakerjaan
  2. Kartu Identitas E-KTP
  3. Kartu Keluarga / KK
  4. Surat keterangan sudah tidak bekerja dari perusahaan terakhir
  5. Rekening Bank atas nama pribadi

Setelah semua syarat yang diperlukan untuk mencairkan dana Jaminan Hari Tua, maka kalian bisa melanjutkan proses pengajuan pencairan dana JHT atau jaminan hari tua.

Cara Mencairkan Dana JHT

Saat ini ada 2 cara yang bisa kalian lakukan untuk mencairkan dana jaminan hari tua atau JHT dari BPJS Ketenagakerjaan.

Cara pertama

Jika kalia memiliki banyak waktu luang, maka cara pertama bisa kalian lakukan untuk melakukan proses pengajuan pencairan dana jaminan hari tua.

Kalian bisa langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, dengan membawa semua persyaratan untuk mengajukan klaim dana jaminan hari tua.

Saat di kantor BPJS Ketenagakerjaan, kalian akan diminta untuk mengisi beberapa formulir pengajuan pencairan dana jaminan hari tua oleh petugas.

Setelah semua proses selesai maka kalian tinggal menunggu dana Jaminan hari tua milik kalian di transfer ke rekening bank yang didaftarkan, dan proses hingga dana bisa masuk kedalam rekening bank memerlukan waktu hingga 5 hari kerja, sejak kalian mengajukan pencairan dana JHT.

Cara Kedua

Untuk cara kedua ini, kalian bisa melakukan proses pengajuan pencairan dana jaminan hari tua dari manapun secara online, hanya cukup dari hp saja.

Jika kalian ingin mencoba mengajukan pencairan dana jaminan hari tua BPJS ketenagakerjaan secara online cukup dari hp, maka kalian bisa mengikuti langkah langkah berikut ini.

Baca Juga :  Perusahaan iklan mobile Google Admob

Cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan online lewat hp 

Sebelum mulai melakukan pengajuan pencairan dana JHT BPJS ketenagakerjaan secara online, foto ataupun scan terlebih dahulu semua persyaratan, sehingga saat melakukan proses unggah atau upload dokumen bisa berjalan lancar.

Untuk melakukan pencairan dana JHT BPJS ketenagakerjaan secara online, ada syarat tambahan yang harus kalian siapkan, yaitu sebuah akun email aktif, yang mana akun email ini nanti akan digunakan untuk mendapatkan informasi terbaru terkait proses pengajuan pencarian dana JHT BPJS Ketenagakerjaan.

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah registrasi melalui situs web berikut ini lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Kemudian, Isi semua data yang diminta pada situs web tersebut.
  3. Selanjutnya adalah mengunggah atau mengupload semua dokumen persyaratan yang sudah disiapkan sebelumnya.
  4. Semua file dokumen harus berformat JPG, JPEG, PNG, atau PDF dengan ukuran maksimal sebesar 6 megabyte (Mb).
  5. Lalu dapatkan konfirmasi data pengajuan, kemudian klik Simpan.
  6. Kemudian tunggu jadwal wawancara secara online dari BPJS Ketenagakerjaan yang akan dikirim melalui email yang didaftarkan untuk proses pengajuan.
  7. Setelah mendapatkan jadwal wawancara secara online, maka petugas dari BPJS ketenagakerjaan akan menghubungi dan memverifikasi melalui sambungan video call.
  8. Setelah proses wawancara online oleh petugas selesai, maka kalian tinggal menunggu dan menerima saldo JHT masuk kerekening bank yang di daftarkan.

Penutup

Semua proses pengajuan pencairan dana Jaminan Hari Tua atau JHT BPJS Ketenagakerjaan tidak dipungut biaya sepeserpun, dan jangan mau apabila ada pihak yang menawarkan untuk membantu mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan dengan imbalan biaya.

Demikianlah tadi mengenai Cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan online lewat hp yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pengajuan pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga :  Mengenal apa itu investasi crypto bitcoin

Baca juga artikel menarik kami lainnya terkait Cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan online lewat hp atau sejenisnya di website ” Ma Desain.com “.