Breaking News
Cara Mengecek Backlink Website
madesain.com

Cara Mengecek Backlink Website

Cara mengecek backlink website – Sebuah website agar berada di halaman awal pencarian memiliki beberapa faktor yang harus mendukung.

Salah satu faktor pendukung tersebut untuk sebuah website dapat berada di peringkat atas atau halaman pertama adalah adanya sebuah Backlink.

Meskipun bukan faktor utama, namun sebuah backlink akan sangat membantu untuk membantu sebauh website agar bisa berada di posisi terbaik.

Apa Itu Backlink cara mengecek backlink

Sebelum kita lanjut ke inti dari artikel ini, yaitu Cara mengecek backlink website, mungkin masih ada yang bingung mengenai apa itu backlink di sebuah website.

Terutama bagi para pemain baru dunia digital, yang mungkin baru mulai membuat sebuah website ataupun sebuah blog pribadi.

Secara sederhananya, backlink atau pranala balik merupakan sebuah link yang akan merujuk kepada situ website atau halaman website yang lain.

Gambaran mudahnya seperti ini, artikel yang berada di situs web di sisipkan sebuah link yang bila diklik maka akan merujuk ke situs website B.

Cara Mendapatkan Backlink

Lalu bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan sebuah backlink untuk situs web ? untuk mendapatkan backlink kalian bisa mendapatkan backlink secara gratis maupun berbayar.

Backlink Gratis

Apabila kalian saat ini memiliki dana atau anggaran yang terbatas, maka menggunakan backlink gratis adalah pilihan yang paling tepat.

Beberapa cara mendapatkan backlink gratis diantaranya bisa dengan bertukar backlink dengan pemilik website lain, lalu bisa juga dengan menggunakan media sosial seperti twitter, instagram dan lainnya.

Baca Juga :  Cara menyatukan file pdf di hp tanpa aplikasi

Bahkan kalian juga bisa mendapatkan backlink gratis dari situs website Youtube.com.

Backlink Berbayar

Jika kalian memiliki anggaran atau dana lebih, maka tidak ada salahnya untuk membeli backlink dari penyedia jasa backlink.

Ada banyak saat ini penyedia jasa backlink berkualitas yang bisa kalian coba, untuk biaya bervariasi tergantung kualitas backlink yang dipilih.

Cara Mengecek Backlink Website cara mengecek backlink

Didalam dunia digital, khususnya dalam bidang situs website, persaingan diantara pemiliki situs website untuk berada di peringkat pertama sudah menjadi hal lumrah.

Banyak cara bisa dilakukan, dari cara yang benar hingga cara curang bisa dilakukan oleh pemilik situs website agar bisa berada diperingkat pertama.

Kami menyarankan jangan pernah gunakan cara curang, karena hal itu tidak akan membawa keberkahan untuk hasil dari website kalian.

Salah satu bentuk persaingan sehat yang bisa kalian lakukan untuk mengungguli website kompetitor aadalah dengan memiliki lebih banyak backlink berkualitas dari kompetitor.

Agar kalian bisa mengetahui seberapa banyak backlink yang dimiliki oleh sebuah situs website atau website kompetitor adalah dengan Cara Mengecek Backlink Website tersebut.

Berikut ini adalah Cara Mengecek Backlink Website yang bisa kalian lakukan, dan tentunya Cara Mengecek Backlink Website gratis, meskipun ada juga Cara Mengecek Backlink Website yang berbayar.

Namun Cara Mengecek Backlink Website secara gratis ini pun sudah lebih dari cukup, jika hanya untuk mengetahui backlink situs website kompetitor.

Cek Backlink Dengan Ahrefs cara mengecek backlink

Cara pertama untuk mengecek backlink website adalah dengan menggunakan salah satu fitur dari stus website Ahrefs.

Mungkin masih banyak yang belum tahu, bahwa untuk mengecek backlink website dengan menggunakan tool aHrefs itu gratis tanpa biaya.

Baca Juga :  Cara mengecek paket smartfren

Berikut ini adalah cara mengecek backlink website secara gratis dengan menggunakan tools Ahrefs.

  1. Buka aplikasi browser, bisa dari hp ataupun dari laptop
  2. Kemudian buka situs website Ahrefs berikut ini ” Ahref/check_Backlink_Free
  3. Setelah itu kalian akan mendapati sebuah kolom seperti ini cara mengecek backlink
  4. Isi kolom tersebut dengan nama domain situ website yang ingin kalian cek backlinknya
  5. Misalkan kita ingin mengecek backlink detik.com cara mengecek backlink
  6. Setelah nama domain ditulis, kemudian klik ” Check Backlink
  7. Lalu ceklis kotak i’m not a robot
  8. Tunggu sebentar hingga proses cek backlink selesai cara mengecek backlink
  9. Selanjutnya kalian akan mendapati tampilan seperti ini
  10. Yang mana kalian akan mendapatkan informasi berupaa ” domain rating, jumlah backlink, dan referring domain ” cara mengecek backlink
  11. Untuk melihat backlink apa saja yang di pakai, maka kalian dapat mengecek pada menu ” Top 100 Backlink
  12. Kalian kan melihat 100 backlink teratas dari situs web tersebut cara mengecek backlink
  13. Selain itu kalian juga dapat melihat informasi mengenai top anchor dan top page

Situs Cek Backlink selain Ahrefs

Selain ahrefs, tentu masih ada lagi situs web penyedi tool untuk mengecek backlink website dan beberapa situs web tersebut yang dapat digunakan untuk mengecek backlink website diantaranya.

  1. Semrush
  2. xeo.my.id
  3. Neilpatel
  4. Ubersuggest
  5. Smallseotools
  6. Seo Riview Tol
  7. Websiteseochecker
  8. Monitorbacklink
  9. dan lain lain

Penutup

Demikianlah penjelasan diatas mengenai Cara mengecek backlink website yang bisa kalian gunakan secara gratis.

Semoga dengan artikel Cara mengecek backlink website ini dapat membantu para pemilik situs website yang mungkin masih baru dan awam mengenai apa itu backlink.

Baca juga artikel menarik kami lainnya terkait Cara mengecek backlink website atau artikel sejenisnya di website ” madesain.com“.

Baca Juga :  Cara Menghasilkan Uang dari Google Play