what can you do with a graphic design degree
madesain.com

What can you do with a graphic design degree

What can you do with a graphic design degree – Memiliki gelar di bidang ilmu desain grafis saat ini masih banyakk yang memandang sebelah mata.

Banyak yang beranggapan bahwa seorang yang belajar tentang ilmu desain grafis hanya akan berakhir sebagai guru atau sebagai pelukis.

Tidak sedikit yang mencibir dan bertanya ” what can you do with a graphic design degree ” atau bila diartikan ” Apa yang bisa di lakukan oleh orang yang memiliki gelar ilmu desain grafis ” ?.

Nyatanya anggapan tersebut salah besar, karena seorang yang memiliki gelara di bidang ilmu desain grafis, memiliki peluang yang cukup luas.

Berikut ini adalah beberapa hal bisa dilakukan atau prospek pekerjaan yang bisa diambil oleh orang dengan gelar ilmu desain grafis.

What can you do with a graphic design degree

Desainer Grafis

Bila kalian memiliki gelar ilmu desain grafis maka hal pertama yang tentu bisa kalian lakukan adalah menjadi desainer grafis atau membuat sebuah desain grafis visual.

Ada banyak produk visual yang bisa di ciptakan oleh para desainer grafis, mulai dari sebuah desain untuk branding perusahaan, desain kemasan, dan masih banyak lagi lainnnya.

UX Designer atau User Experience Designer

Jika kalian beranggapan bahwa desain grafis hanya digunakan untuk membuat sebuah desain visual seperti poster atau banner, maka kalian salah besar.

Ilmu desain grafis bukan hanya sampai disitu saja, salah satunya yang bisa dilakukan oleh pemilik ilmu desain grafis adalah menjadi seorang UX Designer.

Baca Juga :  Apa itu Polotno studio app

Jika berdasarkan penjelasan dari wikipedia tentang UX / UE,

The user experience (UX or UE) is how a user interacts with and experiences a product, system or service. It includes a person’s perceptions of utility, ease of use, and efficiency. Improving user experience is important to most companies, designers, and creators when creating and refining products because negative user experience can diminish the use of the product and, therefore, any desired positive impacts; conversely, designing toward profitability often conflicts with ethical user experience objectives and even causes harm. User experience is subjective. However, the attributes that make up the user experience are objective.

Apabila diartikan secara ringkas adalah seperti ini.

User Experience atau disingkat UX / UE, merupakan sebuah pengalaman pengguna saat menggunakan atau menjalankan sebuah produk aplikasi atau sebuah situs website.

Dari penjelasan singkat tersebut maka peran seorang UX / UE Designer cukup penting, karena para UX Designer inilah nantinya yang akan menciptakan atau membuat produk, proses kerja, dan layanan aplikasi menjadi lancar dan intuitif bagi pengguna yang akan mengakses aplikasi atau situs web.

UI Designer

Hal berikutnya yang bisa dilakukan seorang dengan gelar ilmu desain grafis adalah menjadi seorang User Internface Designer atau sering di sebut UI designer.

Jika seorang User Experience Designer bertugas untuk merancang dan memberikan pengalaman yang lancar saat seorang pengguna mengakses aplikasi atau mengunjungi situs web, maka berbeda dengan seorang UI Designer.

Seorang UI Designer bertugas untuk membuat sebuah tampilan desain visual aplikasi atau situs web, dari saat aplikasi atau situs web itu di akses hingga bagian menu yang terdapat pada aplikasi atau situs web tersebut.

Animator

Meskipun siapapun bisa saja menjadi seorang animator, namun seorang dengan pengalaman dan ilmu tentang desain grafis akan selangkah lebih baik, karena telah memiliki dasar dari ilmu animator yang berkaitan dengan desin grafis.

Baca Juga :  Aplikasi penghapus background otomatis

Peluang Pemilik Gelar Desain Grafis

Selain beberapa hal yang telah disebutkan, tentu masih ada banyak lagi hal yang bisa dilakukan oleh seorang yang memiliki gelar ilmu desian grafis.

  1. Komikus
  2. Creative Director
  3. Product Developer
  4. Concept Artist
  5. Dan masih banyak lagi

Penutup

Itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan dengan seorang yang memiliki gelar ilmu desain grafis.

Sehingga jika suatu saat muncul pertanyaan seperti ini, ” what can you do with a graphic design degree “, maka kalian dapat mengutip artikel ini untuk menjawab pertanyaan tersebut.