apa mata uang malaysia
madesain.com

Apa mata uang malaysia adalah

Apa mata uang malaysia – Mengenal Mata Uang Malaysia Ringgit yang merupakan mata uang yang digunakan sebagai alat transaksi resmi di negara malaysia.

Mata uang negara malaysia pernah mengalami perubahan, yaitu pada tahun 1967 bernama dolar malaysia, yang mana menggantikan mata uang sebelumnya yaitu dolar borneo inggris dan Malaya.

Kemudian pada tahun 1993 negara malaysia resmi merubah mata uangnya menjadi ringgit malaysia. Sehingga sejak tahun 1993 mata uang negara malaysia adalah ringgit malaysia dengan simbol mata uang malaysia adalah RM, dan kode mata uang malaysia adalah MYR.

Apa mata uang malaysia

Ringgit merupakan mata uang dari negara malaysia, yang mana merupakan mata uang resmi yang bisa digunakan untuk bertransaksi menjadi alat pembayaran yang sah.

Kurs Ringgit Malaysia

Siapa yang tidak tahu negara malaysia, atau banyak yang menyebut negeri jiran. Negara malaysia memiliki sebuah menara atau gedung yang cukup terkenal yaitu menara petronas, dan Ibukota negara malaysia adalah kuala lumpur.

Apabila ingin berkunjung ke negara malaysia untuk berlibur atau berbisnis, sebelum berangkat jangan lupa untuk menukarkan uang kita menjadi ringgit malaysia agar bisa di gunakan untuk bertransaksi di negara malaysia, cek terlebih dahulul data terbaru dari kurs malaysia..

Berdasarkan data saat artikel ini di tulis, kurs ringgit malaysia adalah sebagai berikut:

          •  1 Ringgit Malaysia / RM 1 = Rp. 3.403,65,-
          •  1 Ringgit Malaysia / RM 1 = US$ 0,24
Baca Juga :  Cara melakukan pembayaran menggunakan paypal

Sehingga untuk menukarkan 1 ringgit malaysia ke rupiah diperlukan uang rupiah sebesar Rp 3.405,65. Jadi bila ada yang bertanya, berapa rupiah kah 1 riggit  malaysia ? maka kita bisa menjawab Rp 3.403,65.

Setelah mengetahui mata uang malaysia 1 ringgit berapa rupiah, kita sudah dapat memperkirakan jumlah uang yang ingin kita bawa saat ingin berkunjung ke  negara malaysia.

Pecahan Mata Uang Malaysia

Sama halnya dengan mata uang negara lain, mata uang malaysia yang disebut ringgit malaysia juga memiliki pecahan uang koin yang disebut sen dan pecahan uang kertas yang disebut ringgit, dan semua pecahan mata uang malaysia tersebut memilki jumlah nominal yang beragam.

Mata Uang Malaysia Pecahan Uang Kertas

Mata uang malaysia adalah ringgit malaysia dengan pecahan uang kertas, saat ini terdapat 7 pecahan dengan nominal yang berbeda beda, dari pecahan yang terkecil adalah RM1 atau 1 Ringgit Malaysia dan pecahan yang terbesar adalah RM100 atau 100 Ringgit Malaysia.

          • RM1 = 1 Ringgit Malaysia
          • RM2 = 2 Ringgit Malaysia
          • RM5 = 5 Ringgit Malaysia
          • RM10 = 10 Ringgit Malaysia
          • RM20 = 20 Ringgit Malaysia
          • RM50 = 50 Ringgit Malaysia
          • RM100 = 100 Ringgit Malaysia

Mata Uang Malaysia Pecahan Uang KoinMata Uang Malaysia Pecahan Uang Koin

Mata uang malaysia dengan pecahan uang koin memilki nominal pecahan dari yang terkecil adalah 1 sen dan nominal pecahan terbesar adalah 50 sen. Nilai pecahan dengan nominal RM1 atau 1 Ringgit Malaysia adalah sama dengan 100 sen pecahan koin.

          • 1 Sen
          • 5 Sen
          • 10 Sen
          • 20 Sen
          • 50 Sen

Siapa Yang Mencetak Uang Ringgit ?

Uang yang digunakan sebagai alat transaksi suatu negara, tidak bisa di cetak bebas oleh siapapun, sehingga untuk mencetak sebuah uang, hanya boleh dilakukan oleh lembaga atau bada yang berwenang.

Baca Juga :  Cara membeli tanah virtual di Metaverse

Apabila di negara indonesia mata uang indonesia rupiah dicetak oleh PERURI atau kepanjangan dari Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia.

Lalu siapa yang mencetak uang ringgit, yang merupakan mata uang negara malaysia ?

Fakta menariknya adalah siapa yang mencetak mata uang ringgit, jawabannya adalah PERURI atau Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia.

Jadi mata uang ringgit malaysia di cetak oleh PERURI, dan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau PERURI telah menjalin kerja sama dengan negara malaysia untuk mencetak uang ringgit sejak tahun 2010.

Gambar Mata Uang MalaysiaGambar Mata Uang Malaysia

Bila kta melihat gambar di pecahan mata uang indonesia, akan ada banyak gambar dan berbeda beda gambar di setiap pecahan uang negara indonesia.

Namun satu fakta dari gambar mata uang malaysia adalah hanya memilki satu 1 gambar untuk semua pecahan nominal uang kertas ringgit malaysia.

Gambar mata uang malaysia adalah Tuanku Abdul Rahman, yang merupakan Yang Dipertuan Agung pertama negara malaysia setalah merdeka dan lepas dari negara inggris.

Mata Uang Malaysia Ke Indonesia

Bila kalian penasaran apakah mata uang malaysia ke indonesia bisa digunakan ? jawabannya tentu adalah tidak bisa. Karena negara Indonesia menggunakan Mata Uang Rupiah untuk bertransaksi secara resmi di negara indonesia.

Namun ada fakta unik, bahwa ada daerah yang masih masuk dalam wilayah Negara Indonesia yang menggunakan Mata uang negara malaysia ringgit untuk bertransaksi. Hal ini ini biasanya terjadi di daerah yang berbatasan langsung dengan negara malaysia.

Selain wilayah indonesia yang berbatasan dengan negara malaysia, masih ada negara lain yang juga menggunakan mata uang malaysia ringgit untuk melakukan kegiatan transaksi, yaitu adalah negara Filipina di daerah Tawi-Tawi dan negara Thailand untuk bagian selatan.

Baca Juga :  Mengenal apa itu investasi crypto bitcoin

Penutup

Setelah mengetahui nama mata uang malaysia serta kurs ringgit malaysia ke rupiah dan juga apa bahasa uang di malaysia serta simbol mata uang malaysia, maka sekarang kita bisa membagikan kembali informasi ini kepada siapapun yang ingin tahu kurs ringgit malaysia dan menjawab berapa rupiah kah 1 ringgit malaysia.

Selain mengetahui mata uang malaysia adalah ringgit, maka jangan lupa juga untuk mengetahui mata uang negara lain seperti mata uang singapura, apa mata uang thailand, mata uang filipina, mata uang myanmar, mata uang china, mata uang inggris, mata uang argentina, mata uang dolar, mata uang cambodia dan mata uang romania.

Agar mendapatkan inifo terbaru dari kurs mata uang malaysia ke rupiah atau kurs ke mata uang negara lain, bisa di lihat pada website resmi lembaga keuangan.