jumlah muatan yang mungkin dimiliki oleh sebuah benda adalah

jumlah muatan yang mungkin dimiliki oleh sebuah benda adalah

Jawaban

Jumlah muatan yang mungkin dimiliki oleh sebuah benda akan bergantung pada kapasitansi benda tersebut dan pada besarnya beda potensial yang diberikan.

Penjelasan:

Secara umum, berdasarkan sifat elektriknya, benda dibagi menjadi tiga golongan yaitu isolator, semikonduktor, dan konduktor. Setiap benda memiliki kemampuan untuk menahan muatan. Kemampuan untuk menahan muatan ini disebut sebagai kapasitansi. Secara matematis, kapasitansi menunjukkan rasio jumlah muatan yang tersimpan dalam suatu sistem tehadap beda potensial yang dialami sistem. Kapasitansi dinyatakan dalam satuan Farad dan memiliki persamaan sebagai berikut :

 

Dimana C adalah kapasitansi, q adalah banyaknya muatan, dan V adalah beda potensial diantara kedua ujung sistem. Kapasitansi sangat ditentukan oleh bentuk dan bahan benda. Sebagai contoh, jika kita memiliki dua buah plat konduktor yang disisipi bahan isolator bernama bahan dielektrik (bahan isolator yang mudah terpolarisasi), maka besarnya kapasitansi sistem tersebut adalah :

 

dimana ε adalah konstanta dielektrik bahan, A adalah luas plat, dan d adalah jarak antara dua plat. Subtitusi pers (1) ke (2) maka akan kita dapat :

 

dimana q menunjukkan jumlah muatan yang ditahan oleh kapasitor plat sejajar saat diberi beda potensial V

Baca Juga :  Fotografi berasal dari bahasa inggris photography yang berarti