Cara menghilangkan iklan yang muncul di layar laptop
madesain.com

Cara menghilangkan iklan yang muncul di layar laptop

Cara menghilangkan iklan yang muncul di layar laptop – Sering melihat iklan yang tiba tiba muncul di layar laptop, sehingga mengganggu kegiatan yang sedang di lakukan.

Jika sesekali mungkin masih bisa di maklumi, namun jika terlalu sering, iklan yang muncul di layar laptop akan membuat jengkel siapapun yang mengalaminya.

Penyebab munculnya iklan ada beberapa faktor, salah satunya adalah adanya virus, nah artikel ini akan membahas bagaimana Cara menghilangkan iklan yang muncul di layar laptop.

Cara menghilangkan iklan yang muncul di layar laptop

Iklan yang muncul di layar laptop biasanya terjadi saat kita menjalankan sebuah aplikasi, karena biasanya beberapa aplikasi memang memasang iklan di versi gratisnya.

Jika hal itu terjadi, solusi termudah agar iklan tidak muncul lagi saat menjalankan aplikasi tersebut adalah dengan menggunakan versi premium dari aplikasi tersebut.

Namun terkadang ada juga iklan yang muncul di layar laptop bukan karena sedang menjalankan sebuah aplikasi, dan jika terjadi seperti itu maka kalian wajib curiga, karena bisa jadi ada virus atau malware didalam laptop atauj komputer kalian.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kalian lakukan jika di laptop atau komputer kalian tiba tiba sering muncul iklan dan cukup sering munculnya iklan tersebut.

Baca Juga :  Cara daftar makanan ke gofood

Menghapus File Sementara Di Laptop

Saat menggunakan laptop, secara otomatis sistem di laptop akan menyimpan data yang berisi riwayat atau history dari pemakaian laptop.

Riwayat atau history ini akan di simpan dalam bentuk file temporary. Di dalam data yang tersimpan di file temporary biasanya terimpan juga data iklan, sehingga hal ini juga jadi penyebab kenapa iklan bisa sering muncul pada layar laptop.

Cara Hapus File Temporary

Lalu bagaimana cara menghapus file temporary ini di laptop ? apakah perlu aplikasi untuk menghapus file temporary di laptop.

Jawabanya adalah tidak perlu menggunakan aplikasi untuk menghapus file temporary, karena cukup menekan tombol ” Windows ” dan tombol ” R ” secara bersamaan, maka akan muncul menu ” RUN “.

Kemudian pada kolom yang muncul tuliskan ” temp ” atau ” %temp ” tanpa tanda petik, kemudian tekan enter, dan akan muncul folder ataupun file dari hasil pencarian tersebut.

Hapus semua folder ataupun file yang muncul tersebut, kemudian buka folder ” Recycle Bin ” untuk menghapus secara permanen semua folder dan file tersebut.

Kemudian lakukan ” Restart ” pada laptop atau pc yang kalian gunakan.

Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Selain menghapus file temporary kita juga perlu menghapus atau uninstall aplikasi di laptop yang terlihat mencurigakan.

Terkadang tanpa sadar kita sering menginstall aplikasi berbahaya pada laptop. Biasanya hal itu terjadi saat kita mengunjungi sebuh website yang berisi virus di internet.

Atau bisa juga kita menginstall sebuah aplikasi yang memang didalamnya terdapat virus iklan. Hal itu terjadi saat kita menginstall sebuah aplikasi bajakan.

Cara Uninstal Aplikasi Di Laptop

Lalu bagaimana cara uninstall aplikasi yang mencurigakan di laptop ?

Baca Juga :  Cara buat thumbnail youtube di pc

Untuk bisa menghapus atau uninstall sebuah aplikasi di perangkat laptop atau pc, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka ” Control Panel “,
  2. Pilih menu ” Uninstall Program “
  3. Selanjutnya akan muncul halaman yang berisi aplikasi yang tersintall di laptop atau pc
  4. Cari aplikasi yang ingin di uninstall atau di hapus dari laptop
  5. Kemudian klik kanan pada aplikasi tersebut dan klik uninstall
  6. Mengubah Windows Setting
  7. Saat sedang terhubung dengan jaringan internet, maka iklan pada laptop akan terus muncul. Biasanya iklan tersebut akan muncul pada menu Taskbar, Notifikasi, Start.

Cara Menghilangkan Iklan Di Windows 10

Untuk bisa menghilangkan iklan di windows 10 caranya cukup mudah. Yang pertama dilakukan adalah membuka menu setting, lalu pilih menu System.

Setelah itu lanjutkan dengan pililh menu Notifications and Action, kemudian cari menu ” Suggest Ways,,,,, ” dan Menu ” Get Tips,Tricks,,,,, ” ubah menjadi off atau lakukan uncheck list 2 menu tersebut.

Cara menghilangkan iklan di windows ini bisa di lakukan untuk semua jenis windows, hingga windows 11.

Scanning Virus Iklan Di Laptop

Iklan yang muncul pada laptop bisa juga disebabkan karena adanya virus. Biasanya virus iklan ini berasal dari website atau situs internet yang kita kunjungi, sehingga apabila mendapati situs web yang mencurigakan, sebaiknya jangan hati hati.

Virus iklan ini juga bisa berasal dari aplikasi yang kita download dan install. Biasanya aplikasi bajakan yang didalamnya terdapat virus iklan. jadi sebaiknya jangan gunakan aplikasi bajakan, dan apabila ingin mendownload aplikasi, baiknya langsung ke situs resmi penyedia aplikasi tersebut.

Cara Scanning Virus Iklan Di Laptop

Apabila ingin melakukan scannig virus di laptop, tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Karena setiap laptop yang menggunakan operatinig system windows, memiliki aplikasi scanning virus bawaan, yaitu Windows Defender.

Baca Juga :  Bagaimana cara melihat aplikasi yang sudah dihapus

Cara menggunakan Windows Defender untuk scanning virus adalah sebagai berikut.

  1. Buka Menu ” Control Panel “
  2. Pilih menu ” System and Security “
  3. Lalu pilih menu ” Security and Maintenance “
  4. Selanjutnya pilih ” Vrius Protection ” dan klik ” Windows Security “
  5. Kemudian klik ” Quick Scan “
  6. Hapus semua virus yang muncul dari hasil quick scan, lalu restart laptop

Install Ulang Windows

Apabila semua cara diatas telah dilakukan dan iklan masih tetap muncul pada laptop. Maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah, menginstall ulang laptop atau pc tersebut.

Cara menginstall ulang windows pun sangat mudah, namun bila ingin mengetahui lebih lengkap bagaimana cara install ulang windows 10 pakai flashdisk, simak penjelasan lengkapnya divideo ini.

Cara instal Windows di Laptop