sebutkan metode pemisahan komponen dari bahan berikut

sebutkan metode pemisahan komponen dari bahan berikut

A. air murni dari air laut

B,. Garam dari campuran garam dan pasir

C.minyak kelapa dari santan

Jawaban

Metode pemisahan komponen dari bahan digunakan untuk memisahkan suatu zat dari campurnya untuk emndapatkan suatu zat yang diingingkan.

Campuran adalah gabungan dari beberapa jenis zat yang bercampur menjadi satu. Untuk mendapatkan kembali komponen zat dalam campuran dilakukan suatu teknik pemisahan. Teknik pemisahan yang digunakan didasarkan pada sifat zat yang bercampur.

Pembahasan

Beberapa teknik pemisahan campuran yang umum digunakan adalah sebagai berikut :

Filtrasi atau penyaringan, teknik pemisahan campuran berdasarkan perbedaan kelarutan dan ukuran partikel zat. Campuran yang bisa dipisahkan dengan teknik filtrasi adalah campuran yang berwujud larutan. Alat yang digunakan adalah corong dan kertas saring. Hasil pemisahan berupa filtrat dan residu.
Distilasi, teknik pemisahan campuran berdasarkan perbedaan titik didih. Campuran yang bisa dipisahkan dengan teknik distilasi adalah campuran dalam wujud cairan. Alat yang digunakan berupa labu destilasi dan kondensor atau pendingin.
Sublimasi, teknik pemisahan dengan cara menguapkan padatan kemudian di sublimasi.
Kromatografi, teknik pemisahan dengan prinsip perbedaan migrasi zat dalam medium kromatogram.
untuk beberapa campuran seperti :

  • Air murni dan air laut, merupakan campuran yang sama sama berwujud cair, maka untuk memisahkan dilakukan dengan cara Destilasi.
  • Garam dari campuran garam dan pasir, merupakan campuran dalam fasa padatan, keduanya memiliki perbedaan sifat kelarutan, yaitu garam dapat larut dalam air secara homogen sedangkan pasir tidak. Sehingga, untuk memisahkan keduanya dilakukan dengan metode Filtrasi dan dekantasi, dan alat yang digunakan berupa corong kaca.
  • Minyak kelapa dari santan, dilakukan pemisahan dengan cara filtrasi, pemanasan.
Baca Juga :  tabel 6.3 sekilas pahlawan nasional