Fungsi dari desain logo

Fungsi dari desain logo

Fungsi dari desain logo – Pada sebuah lembaga, institusi, perusahaan, ataupun brand, Logo memiliki sebuah peranan yang cukup penting.

Peranan penting sebuah logo terhadap perusahaan ataupun sebuah brand, salah satunya adalah menjadi identitas yang mewakili nilai nilai dari perusaaan ataupun sebuah brand.

Untuk memahami lebih jelas dari peranan sebuah Logo, maka kalian dapat menyimak penjelasan berikut ini mengenai Fungsi dari desain logo bagi perusahaan atau sebuah brand.

Baca keterangan komplet berikut ini, berkenaan pemahaman, peranan, arah dan komponen pada suatu simbol.

Apakah itu simbol atau logo ? Simbol atau logo merupakan pertanda atau dapat juga disebutkan sebagai lambang yang bermakna atau memiliki arti.

Simbol atau logo pada umumnya dipakai atau digunakan sebagai identitas dari sebuah perusahaan ataupun pada sebuah brand.

Selain oleh perusahaan, simbol atau logo juga pada umumnya dipakai atau digunakan pada suatu lembaga, organisasi yang mempunyai atau memiliki tujuan agar lebih gampang dan mudah untuk dikenang atau di ingat.

Menurut penjelasan pada website Wikipedia, simbol atau logo ialah satu gambar atau sekadar sketsa dengan memiliki makna tertentu, dan juga sebagai wakil satu arti dari organisasi perusahaan, wilayah, produk, negara, instansi dan hal yang lain memerlukan suatu hal yang cepat dan gampang dikenang sebagai alternatif dari nama sebetulnya.

Simbol atau logo dapat memberikan deskripsi yang berkenaan dengan beberapa ciri atau identitas dari perusahaan atau brand.

Hingga simbol atau logo dapat disimpulkan sebagai sebuah identitas untuk mempermudah pengenalan sebuah perusahaan, yang mana logo atau simbol ini sebagai wakil dari citra perusahaan atau brand tersebut.

Simbol juga dapat disimpulkan sebagai ringkasan dari satu realita yang cukup kompleks. Sehingga dapat dikendalikan, diubah dan dibuat sesuai perubahan zaman.

Baca Juga :  15 Website penyedia template ppt gratis

Sebuah simbol atau logo, harus mempunyai rangka dasar berbentuk ide dan filosifinya, tentunya hal ini memiliki tujuan untuk melahirkan sebuah karakter berdikari atau berdiri dengan sendiri.

Simbol atau logo harus dapat dikenali secara visual, baik itu pada bentuk wujud dan warna simbol sebagai keunikan tersendiri dari simbol tersebut.

Simbol dapat diambil artinya dari kualitas yang dilambangkan, baik itu lewat peletakan status bersejarah atau inspirasi perusahaan. Disamping itu, dapat disaksikan dari pendekatan budaya perusahaan.

Makna lain dari simbol atau branding identity atau corporate identity, ialah sebuah pertanda yang langsung tidak jual, tetapi memberikan satu identitas yang pada akhirannya sebagai alat marketing yang berarti.

Jika simbol sanggup menolong membandingkan satu produk atau jasa dari pesaingnya. Pemahaman itu diambil dari buku yang dengan judul “How to They Think” kreasi Sularko, dkk [2008:6].

Secara ringkasannya simbol atau logo ialah sebuah instrument dari perwujudan rasa harga diri dan nilai-nilai yang bisa merealisasikan citra positif dan dapat menciptakan rasa percaya.

Elemen Logo atau Simbol

Secara umum, simbol atau logo terbagi menjadi dalam beberapa komponen. Di mana komponen itu akan digabungkan dan membuat atau jadi sebuah simbol.

Lantas apa saja komponen-komponen pada sebuah logo atau simbol tersebut? Berikut ini adalah komponen komponen dari sebuah simbol ataupun logo.

Lambang

Dalam satu bentuk simbol, tentunya ada komponen yang namanya lambang atau icon. Komponen ini benar-benar punya pengaruh dalam membuat simbol.

Disamping itu, simbol meliputi komponen dekorasi seperti pertanda baca visual. Seperti titik, garis abstrak sampai garis putus-putus.

Warna

Komponen yang tidak ketinggalan dalam simbol ialah warna. Warna putih hitam atau monokrom, ialah warna yang semakin banyak dipakai.

Tetapi, tidak berarti sebuah simbol tidak membolehkan memakai full colour. Umumnya, simbol yang full colour itu memakai colour wheel analog.

Maka simbol itu akan mempunyai rona warna yang kelihatan sama dan cocok, atau juga bisa kebalikannya.

Tipografi

Komponen tipografi bisa juga ada dalam sebuah simbol, walau tidak seluruhnya simbol ada komponen ini.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi edit video pc untuk pemula

Umumnya, komponen ini memakai satu atau dua huruf monogram saja. Buat apa? Cuma untuk nama singkat. Disamping itu juga bisa nama secara utuh dari usahanya.

Kerangka / Kalimat Simpatisan

Dalam sebuah simbol, kerap ditetapkan oleh kerangka pemakainya. Oleh karena itu, dalam merancang simbol harus pikirkan dimana dan kapan simbol itu bisa diterapkan.

Komponen Statis dan Aktif

Komponen setelah itu komponen statis dan aktif. Adapun implementasi komponen statis ini benar-benar pas di baliho yang umumnya berada di jalanan.

Dengan begitu, simbol akan kelihatan benar-benar terang dan tidak kabur. Walau itu kelihatan dari jarak jauh atau dekat.

Setelah sedikit mengetahui komponen atau elemen yang terkandung pada sebuah logo atau simbol, sekarang kita akan melanjutkan ke pokok dari ulasan artikel ini, yakni Fungsi dari desain logo.

Apa sebetulnya Fungsi dari desain logo itu ? untuk lebih jelasanya apa Fungsi dari desain logo silahkan simak penjelasan berikut ini.

Identitas

Peranan dari simbol atau logo yang pertama ini ialah, sebagai bentuk pengenalan atau identitas. Baik itu pengenalan produk, jasa atau identitas seorang / perusahaan.

Dengan peranan itu, maka menuntut simbol untuk dapat menghayati dan menggambarkan watak dari seorang, perusahaan, produk atau jasa.

Media Promo

Peranan seterusnya dari simbol sebagai media promo dan presentasi. Ini dilaksanakan, untuk mengundang perhatian khalayak secara visual hingga gampang untuk dikenang.

Disamping itu, dalam media promo ini harus terdapat gambar atau ilustrasi yang memikat dan penggunaan kalimat yang persuasif.

Media Informasi

Peranan dari simbol atau logo sedagai media informasi adalah agar logo atau simbol tersebut dapat mewakili visi dan misi yang ingin disampakain kepada publik.

Adapun info itu dipakai sebagai alat pengontrol.

Pengontrol itu dapat berbentuk penglihatan atau sikap khalayak pada pemilik simbol. Maknanya, simbol di sini berperan sebagai pengawas dan pengatur dari citra merek.

Tetapi, tidak berarti karena ada peranan simbol ini, apa saja yang disebutkan oleh merek akan dilaksanakan oleh khalayak

Baca Juga :  Alat yang dibutuhkan desain grafis

Pokoknya ialah, simbol cuma sampaikan info untuk memberi kesan-kesan yang diharapkan. Misalkan sebuah referensi yang tidak memaksakan sama sekalipun.

Motivasi

Sebagai fasilitas motivasi, ialah peranan dari simbol seterusnya. Adapun motivasi yang dikatakan ke khalayak, pasti sesuai arah dari merek itu.

Penyampaian Emosi

Paling akhir dari peranan simbol sebagai penyampaian emosi. Mirip contoh simbol produk bayi, yang memvisualisasikan bagaimana kasih-sayang seorang ibu ke anaknya.

Lantas apa arah atau tujuan dari sebuah simbol atau logo? berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai tujuan atau arah dari sebuah penggunaan simbol ataupun logo.

Sama seperti yang telah diulas atau dijelasakan di atas sebelumnya, jika arah atau tujuan khusus dari simbol adalah salah satunya sebagai proses branding dan taktik pemasaran.

Adapun peranan atau fungsi sebuah simbol, yakni sebagai wujud pelukisan atau penggambaran dari identitas sebuah perusahaan atau brand, sehingga simbol atau logo ini akan menjadi citra dari perusahaan yang cukup kuat melekat dibenak masyrakat luas.

Dalam sisi penampilan, simbol sebaiknya dapat tarik perhatian khalayak, dan itu terhitung salah satunya dari taktik pemasaran.

Karena ada penampilan yang bagus dan bagus, maka menggerakkan customer untuk cari tahu selanjutnya. Bahkan juga bisa jadi khalayak bisa menjadi customer dari simbol yang telah dilihatnya.

Ciri Ciri Logo Terbaik

Ciri-ciri dari sebuah logo atau simbol yang baik ialah mempunyai karakter Timeless, atau mungkin tidak rapuh oleh waktu, sehingga dapat terus dikenang hingga waktu yang cukup lama.

Simbol atau logo tidak hanya sebatas sebuah gambar yang mana selanjutnya dilalaikan atau berlalu demikian saja tanpa meninggalkan kesan bagi yang melihat.

Tetapi, simbol atau logo haruslah menjadi sebuah gambar yang dapat dikenang dan susah dilalaikan oleh customernya, sehingga akan memiliki nilai emosional.

Penutup

Demikian lah penjelasan singkat mengenai Fungsi dari desain logo beserta dengan hal hal lainnya yang mungkin dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi para pembaca artikel ini yang sedang mencari informasi Fungsi dari desain logo.