cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan melalui online
madesain.com

cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan melalui online

cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan melalui online – Ingin mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan tanpa harus datang kekantor BPJS ketenagakerjaan?

Pada artikel ini tim madesain.com telah merangkum bagaimana car mencairknan dana BPJS atau Jamsostek tanpa perlu datang kekantor BPJS.

Untuk lebih jelas tentang bagaimana cara mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan cukup dari rumah, simak penjelasannya berikut ini.

Cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan

Jika kalian sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan dan ingin mencairkan dana BPJS milik kalian, maka kalian bisa melakukannya dengan beberapa cara berikut ini.

Persyaratan mencairkan BPJS ketenagakerjaan

Sebelum kepenjelasan tentang cara mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan atau dahulu disebut Jamsostek, sebaiknya persiapkan beberapa persyaratan seperti berikut ini.

Dengan menyiapkan semua persyaratan yang diperlukan diawal maka proses pencairan dana BPJS milik kalian bisa berlangsung tanpa kenndala.

Adapaun beberapa persyaratan untuk bisa mencairkan dana BPJS keteagakerjaan yang perlu disiapkan adalah seperti berikut ini.

  1. Kartu BPJS Ketenagakerjaan
  2. Kartu Identitas E-KTP
  3. Kartu Keluarga / KK
  4. Surat keterangan sudah tidak bekerja dari perusahaan terakhir
  5. Rekening Bank atas nama pribadi

Setelah semua syarat yang diperlukan untuk mencairkan dana Jaminan Hari Tua, maka kalian bisa melanjutkan proses pengajuan pencairan dana JHT atau jaminan hari tua.

Cara Untuk Mencairkan Dana JHT

Saat ini ada 2 cara yang bisa kalian lakukan untuk mencairkan dana jaminan hari tua atau JHT dari BPJS Ketenagakerjaan.

Cara pertama

Jika kalia memiliki banyak waktu luang, maka cara pertama bisa kalian lakukan untuk melakukan proses pengajuan pencairan dana jaminan hari tua.

Baca Juga :  Sistem bagi hasil investasi syariah

Kalian bisa langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, dengan membawa semua persyaratan untuk mengajukan klaim dana jaminan hari tua.

Saat di kantor BPJS Ketenagakerjaan, kalian akan diminta untuk mengisi beberapa formulir pengajuan pencairan dana jaminan hari tua oleh petugas.

Setelah semua proses selesai maka kalian tinggal menunggu dana Jaminan hari tua milik kalian di transfer ke rekening bank yang didaftarkan, dan proses hingga dana bisa masuk kedalam rekening bank memerlukan waktu hingga 5 hari kerja, sejak kalian mengajukan pencairan dana JHT.

Cara Kedua

Untuk cara kedua ini, kalian bisa melakukan proses pengajuan pencairan dana jaminan hari tua dari manapun secara online, hanya cukup dari hp saja.

Jika kalian ingin mencoba mengajukan pencairan dana jaminan hari tua BPJS ketenagakerjaan secara online cukup dari hp, maka kalian bisa mengikuti langkah langkah berikut ini.

Cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan melalui online

Sebelum mulai melakukan pengajuan pencairan dana JHT BPJS ketenagakerjaan secara online, foto ataupun scan terlebih dahulu semua persyaratan, sehingga saat melakukan proses unggah atau upload dokumen bisa berjalan lancar.

Untuk melakukan pencairan dana JHT BPJS ketenagakerjaan secara online, ada syarat tambahan yang harus kalian siapkan, yaitu sebuah akun email aktif, yang mana akun email ini nanti akan digunakan untuk mendapatkan informasi terbaru terkait proses pengajuan pencarian dana JHT BPJS Ketenagakerjaan.

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah registrasi melalui situs web berikut ini lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Kemudian, Isi semua data yang diminta pada situs web tersebut.
  3. Selanjutnya adalah mengunggah atau mengupload semua dokumen persyaratan yang sudah disiapkan sebelumnya.
  4. Semua file dokumen harus berformat JPG, JPEG, PNG, atau PDF dengan ukuran maksimal sebesar 6 megabyte (Mb).
  5. Lalu dapatkan konfirmasi data pengajuan, kemudian klik Simpan.
  6. Kemudian tunggu jadwal wawancara secara online dari BPJS Ketenagakerjaan yang akan dikirim melalui email yang didaftarkan untuk proses pengajuan.
  7. Setelah mendapatkan jadwal wawancara secara online, maka petugas dari BPJS ketenagakerjaan akan menghubungi dan memverifikasi melalui sambungan video call.
  8. Setelah proses wawancara online oleh petugas selesai, maka kalian tinggal menunggu dan menerima saldo JHT masuk kerekening bank yang di daftarkan.
Baca Juga :  aplikasi cetak npwp dirumah

Penutup

Semua proses pengajuan pencairan dana Jaminan Hari Tua atau JHT BPJS Ketenagakerjaan tidak dipungut biaya sepeserpun, dan jangan mau apabila ada pihak yang menawarkan untuk membantu mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan dengan imbalan biaya.

Demikianlah tadi mengenai Cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan online lewat hp yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pengajuan pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga artikel menarik kami lainnya terkait Cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan online lewat hp atau sejenisnya di website ” Ma Desain.com “.