alat yang dibutuhkan desain grafis

Alat yang dibutuhkan desain grafis

Alat yang dibutuhkan desain grafis – Memiliki sebuah keahlian, seperti dalam hal membuat desain merupakan sebuah kelebihan yang patut di syukuri.

Karena dengan keahlian dalam bidang desain, khususnya dalam hal desain grafis saat ini menjadi sebuah nilai lebih dalam hal mencari pekerjaan di bidang kreatif.

Selain memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang desain grafis, tentunya ada juga faktor penjunjang lainnya agar kemampuan kalian menjadi semakin bagus, dalah satunya adalah penggunaan alat desain yang tepat.

Berikut ini telah kami rangkum beberapa alat yang dibutuhkan desain grafis agar hasil desain yang dikerjakan dapat lebih maksimal, adapun lebih lengkapnya adalah sebagai berikut.

Alat yang dibutuhkan desain grafis

Jika kalian masih baru ingin terjun dalam hal desain grafis, maka artikel ini akan sangat membantu kalian untuk mengetahui Alat yang dibutuhkan desain grafis, sehingga kalian dapat lebih maksimal saat membuat sebuah desain grafis.

Alat Tulis Menulis alat yang dibutuhkan desain grafis

Untuk Alat yang dibutuhkan desain grafis pertama kali yang harus dimiliki adalah alat tulis menulis, karena langkah awal dalam membuat sebuah desin grafis adalah dengan membuat sebuah sketsa awal.

Beberapa alat tulis menulis berikut ini yang digunakan untuk membuat sketsa awal desain grafis adala seperti berikut.

  1. Pencil
  2. Penghapus
  3. Papan penggaris
  4. Buku untuk menggambar

Laptop atau Komputer alat yang dibutuhkan desain grafis

Setelah selesai membuat sketsa awal dari desain grafis yang akan dikerjakan, maka kalian memerlukan perangkat komputer atau laptop.

Karena kalian akan memerlukan sebuah software atau aplikasi desain grafis yang hanya bisa di jalankan di perangkat komputer atau perangkat laptop.

Baca Juga :  Cara menggunakan font iphone di android

Sebelum membeli sebuah laptop atau komputer, sebaiknya perhatikan juga spesifikasi dari laptop atau komputer yang ingin kalian beli, agar software atau aplikasi desain grafis yang ingin digunakan dapat berjalan secara optimal di laptop atau komputer.

Berikut ini adalah spesifikasi minimal yang harus kalian ketahui, jika ingin membeli laptop atau komputer untuk kebutuhan pekerjaan desain grafis.

Untuk merk laptop atau pc, kalian bebas menggunakan dari merk manapun, bisa ACER, ASUS, HP. DELL, IMAC, LENOVO atau lainnya, karena yang perlu kalian perhatikan adalah spesifikasinya saja.

  • Processor minimal Core i3 atau AMD Ryzen 3
  • Memori RAM mininal 4GB,
  • Kartus Grafis VGA minimal 1GB,
  • Penyimpanan Hardisk mininal 500 GB, jika bisa gunakan SSD
  • Layar FHD, dengan minimal ukuran layar 14″

Mesin Scanner alat yang dibutuhkan desain grafis

Setelah memiliki perangkat komputer atau laptop, maka selanjutnya peralatan yang sebaiknya dimiliki seorang desain grafis adalah mesin Scanner.

Dengan mesin scanner ini akan membantu memindahkan atau mengubah hasil sketsa desain awal menjadi file jpeg atau PNG, atau jenis file lainnya kedalam perangkat  komputer atau laptop.

Mesin Printer alat yang dibutuhkan desain grafis

Setelah membuat sebuah desain grafis di perangkat komputer atau laptop, maka kalian perlu melihat hasil desain tersebut dalam bentuk cetak.

Maka mesin printer diperlukan untuk melakukan proses pencetakan hasil desain grafis di atas kertas ataupun di media untuk mencetak lainnya.

Untuk merk printer, kalian bisa menggunakan dari merk printer mana saja, seperti Canon, Epson, atau merk printer lainnya.

Drawing Pad alat yang dibutuhkan desain grafis

Jika kalian memiliki uang lebih, maka tidak ada salahnya untuk membeli sebuah drawing pad, karena dengan drawing pad maka kalian bisa langsung menggambar atau membuat sketsa desain grafis langsung di perangkat pc atau laptop, tanpa harus menggamabar di kertas, kemudian menscan hasil sketsanya dari buku gambar.

Baca Juga :  Aplikasi buat gambar di android

Dengan penggunaan drawing pad ini maka akan semakin membuat proses pengerjaan sebuah desain grafis menjadi lebih cepat.

Mouse alat yang dibutuhkan desain grafis

Meskipun sudah tersedia track pad pada perangkat laptop, namun kalian harus tetap memiliki perangkat mouse eksternal .

Karena untuk proses pengerjaan desain grafis, penggunaan mouse eksternal akan terasa lebih nyaman dari pada menggunakan track pad.

Saat ini ada banyak merk mouse, dengan harga yang bervaritif dan tentunya memiliki kelebihan tersendiri dari masing masing merk mouse tersebut.

Software atau Aplikasi Desain Grafis alat yang dibutuhkan desain grafis

Untuk bisa membuat sebuah desain grafis di perangkat komputer / PC atau laptop maka diperlukan sebuah software atau aplikasi desain grafis.

Saat ini ada banyak aplikasi atau software desain grafis yang bisa digunakan untuk membuat sebuah desain, dan kalian dapat memilih menggunakan aplikasi gratis atau berbayar / premium.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi atau software yang biasanya digunakan untuk membuat desain grafis di laptop atau komputer.

Adobe Photoshop

Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan aplikasi atau software desain grafis dari ADOBE ini, yang sudah banyak digunakan oleh para desainer grafis di seluruh dunia.

Jika kalian ingin menggunakan software adobe photoshop silahkan download langsung aplikasinya di website resmi adobe.com.

Adobe Illustrator

Masih dari perusahaan yang sama dengan aplikasi adobe photshop, yaitu perusahaan Adobe. Aplikasi desain grafis yang di buat oleh perusahaan adobe berikutnya adalah adobe ilustrator.

Berbeda dengan aplikasi adobe photoshop yang sering digunakan untuk melakukan proses editing foto atau gambar, maka aplikasi adobe ilustrator diciptakan untuk membuat sebuah desain gambar atau ilustrasi dalam bentuk vector.

Adobe InDesign

Untuk melakukan proses penataan atau mengatur layout pada media visual, maka kalian dapat menggunakan aplikasi adobe indesign.

Jika diperhatikan secara detail, maka aplikasi adobe indesign ini hampir memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi adobe ilustrator.

Baca Juga :  Cara mudah edit foto online

Coreldraw

Jika kalian tahu tentang aplikasi adobe, khususnya adobe ilustrator, maka seharusnya kalian juga sudah mengetahui aplikasi desain grafis Corel Draw.

Namun jika kalian masih baru memulai dalam dunia desain grafis, dan belum mengetahui aplikasi coreldraw, maka kalian dapat menyimak penjelasan singkat mengenai software corel draw berikut ini.

Aplikasi corel draw merupakan sebuah aplikasi atau software yang dapat digunakan untuk membuat sebuah gambar ataupun sebuah desain, yang mana dengan bentuk vector.

Aplikasi atau Software Corel Draw ini memiliki banyak fitur ataupun kegunaan dalam hal pengerjaan sebauh desain grafis, beberapa contoh hal yang dapat dikerjakan dari aplikasi corel draw ini diantaranya seperti, membuat desain sketsa, desain gambar, desian logo, bahkan desain arsitektur atau bangun ruang.

Aplikasi Desain Grafis

Karena masih ada banyak lagi aplikasi desain grafis yang biasa digunakan untuk membuat sebuah desain grafis selain sdobe dan corel draw, berikut ini adalah tambahana beberapa aplikasi desain grafis lainnya.

  • CorelDrawAudiovisual
  • Adobe After Effect
  • Adobe Premier
  • Flash 3 Dimensi
  • 3D StudioMax
  • Maya
  • Google SketchUp
  • Blender

Penutup

Demikian lah tadi tentang penjelasan mengenai Alat yang dibutuhkan desain grafis untuk dapat menghasilkan karya desain grafis.

Jika kalian masih baru ingin memulai untuk belajar tentang desain grafis, namun belum memiliki perangkat lapatop atau komputer, maka kalian tidak perlu putus asa.

Karena saat ini handphone yang kalian miliki bisa juga digunakan sebagai alat untuk membuat sebuah desain grafis, jadi tidak ada lagi alasan bahwa kalian tidak bisa belajar desain grafis karena tidak ada atau belum memiliki laptop atau komputer.

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya terkait Alat yang dibutuhkan desain grafis atau artikel sejenisnya di madesain.com