Berikut Ini Yang Bukan Kategori Smash Berdasarkan Tingginya Umpan Adalah

1. Servis Panjang

Salah satu jenis pukulan dalam permainan bulu tangkis adalah smash. Pukulan ini dilakukan dengan menggunakan raket untuk memukul shuttlecock dan memasukkannya ke area lawan. Namun, tidak semua pukulan keras dengan menggunakan smash masuk dalam kategori ini. Salah satunya adalah servis panjang.

Servis panjang adalah pukulan di mana pemain melemparkan shuttlecock dari bawah sebelum memukulnya dengan raket ke arah lawan. Teknik ini digunakan untuk memulai permainan, dan biasanya diarahkan ke area belakang lapangan lawan. Meski memiliki ketepatan dan kecepatan yang tinggi, servis panjang bukanlah pukulan smash karena umpanannya tidak ditinggikan ke atas.

2. Clear

Pukulan clear merupakan teknik yang dilakukan untuk mengirimkan shuttlecock ke area belakang lapangan lawan. Namun, umpanannya lebih rendah daripada smash karena memiliki fokus pada jarak dan keakuratan. Pukulan clear ini juga dapat digunakan sebagai taktik untuk memecahkan pola permainan lawan, sehingga tidak termasuk dalam kategori pukulan smash.

3. Drop Shot

Drop shot adalah teknik pukulan bulu tangkis yang dilakukan dengan melemparkan shuttlecock cukup tinggi dan kemudian menempatkan umpan ke area depan yang jauh. Pukulan ini memiliki ketepatan yang tinggi dan minim unsur keras, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai strategi untuk menghindari permainan memukul yang cepat dan keras. Walaupun memiliki kemiripan dengan pukulan smash, drop shot tidak termasuk dalam kategori pukulan smash karena umpanannya tidak ditinggikan.

4. Drive

Pukulan drive merupakan teknik pukulan bulu tangkis yang dilakukan dengan melemparkan shuttlecock ke arah lapangan lawan dengan kecepatan yang tinggi dan umpanan yang rendah. Pukulan ini biasanya dilakukan di tengah lapangan dan memiliki tujuan untuk memaksa lawan melakukan permainan bertahan. Meskipun umpanannya keras seperti smash, pukulan drive tidak termasuk dalam kategori pukulan smash karena umpanannya tidak ditinggikan ke atas.

Baca Juga :  Akibat Jika Tidak Bertanggung Jawab

5. Net Shot

Pukulan net shot adalah teknik pukulan bulu tangkis yang dilakukan pada area depan lapangan. Pukulan ini umumnya dilakukan untuk serangan dan memaksa lawan melakukan pergerakan ke belakang lapangan. Meskipun memiliki kecepatan dan umpanan yang keras, net shot tidak termasuk dalam kategori smash karena umpanannya tidak ditinggikan ke atas.

Kesimpulannya, pukulan smash dalam permainan bulu tangkis merupakan pukulan keras dan ditinggikan ke atas dengan menggunakan raket sebagai sarana memukul shuttlecock. Beberapa teknik pukulan lainnya seperti servis panjang, clear, drop shot, drive, dan net shot, meskipun keras, tidak termasuk dalam kategori pukulan smash karena umpanannya tidak ditinggikan ke atas. Oleh karena itu, pemain perlu menguasai berbagai teknik pukulan untuk memenangkan pertandingan bulu tangkis.