Tarian Yang Menggambarkan Ekspresi Kehidupan Burung Merak Disebut

Pengertian Tarian Burung Merak

Tari burung merak adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Tarian ini biasanya dilakukan oleh para penari wanita yang mengenakan busana tradisional lengkap dengan sanggul yang dihiasi bunga-bunga. Gerakan dalam tari burung merak ini menggambarkan ekspresi kehidupan burung merak yang indah dan mengagumkan.

Sejarah Tarian Burung Merak

Tarian burung merak pertama kali dipentaskan pada abad ke-7 di istana Kerajaan Mataram. Awalnya, tarian ini hanya ditampilkan di lingkungan kerajaan dan hanya ditampilkan pada acara-acara khusus seperti pernikahan, upacara adat, dan acara keagamaan.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tarian burung merak semakin populer dan akhirnya menjadi salah satu tarian paling terkenal di Indonesia. Saat ini, banyak sekolah, kelompok tari, dan komunitas di seluruh Indonesia yang mengembangkan tarian burung merak ini.

Ciri Khas dan Gerakan dalam Tari Burung Merak

Gerakan dalam tarian burung merak didominasi oleh gerakan yang melambangkan keanggunan dan keindahan burung merak. Beberapa gerakan yang sering ditampilkan dalam tarian ini antara lain, gerakan menari yang lembut, gerakan tangan yang gracile, dan gerakan yang melambangkan keindahan bulu-bulu burung merak.

Selain gerakan yang menarik, tarian burung merak juga dikenal dengan busana dan properti yang digunakan saat menarinya. Busana yang digunakan para penari wanita biasanya merupakan perpaduan warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan hijau.

Makna dalam Tarian Burung Merak

Tarian burung merak memiliki makna yang sangat dalam dalam kehidupan masyarakat Jawa. Selain melambangkan keindahan burung merak, tarian ini juga menggambarkan keseimbangan hidup dan harmoni di dunia, serta menjelaskan bahwa manusia harus menjaga keindahan dan keharmonisan alam sekitarnya.

Baca Juga :  Lagu Layang-Layang Diciptakan Oleh

Kesimpulan

Tarian burung merak adalah salah satu tarian tradisional yang menggambarkan keindahan dan keagungan burung merak. Tarian ini memiliki gerakan khas dan busana yang sangat menawan. Lebih dari itu, tarian burung merak juga memiliki makna yang dalam dalam kehidupan masyarakat Jawa. Oleh karena itu, tarian burung merak harus dijaga dan dipertahankan sebagai warisan budaya Indonesia yang sangat berharga.