Kolase Termasuk Karya Seni Berapa Dimensi

Pengertian Kolase

Kolase adalah salah satu bentuk karya seni yang dibuat dengan cara menyatukan beberapa bahan atau objek yang berbeda menjadi satu kesatuan. Bahan-bahan yang digunakan bisa berupa kertas, kain, plastik, kayu, logam, atau bahan lainnya. Kolase diyakini berasal dari bahasa Prancis “collage” yang artinya “menempelkan”.

Jenis-jenis Kolase

Terdapat beberapa jenis kolase di antaranya:
1. Kolase Dua Dimensi
Kolase dua dimensi adalah jenis kolase yang dibuat pada permukaan bidang dua dimensi, seperti kertas atau kanvas. Karya seni kolase dua dimensi banyak dijumpai pada karya seni grafis, ilustrasi, maupun poster.

2. Kolase Tiga Dimensi
Kolase tiga dimensi adalah jenis kolase yang dibuat dalam bentuk tiga dimensi dan memerlukan ruang. Karya seni kolase tiga dimensi dapat berupa patung, instalasi, dan lain-lain.

Teknik Membuat Kolase

Terdapat beberapa teknik dalam membuat karya seni kolase diantaranya:
1. Teknik Potong dan Tempel
Teknik ini adalah teknik dasar dalam membuat kolase. Bahan tersebut dipotong-potong kemudian digunakan lem atau perekat lainnya untuk digabungkan dan membentuk satu kesatuan.

2. Teknik Aplikasi
Teknik ini melibatkan penggunaan teknologi untuk menggabungkan semua elemen menjadi satu kesatuan. Prosesnya dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak computer.

Makna Kolase

Makna dari karya seni kolase sangat bervariasi, bisa berupa keindahan tampilan, pesan tertentu dan lain-lain. Pada kolase, pengamat disuguhkan dengan komposisi yang unik dan tidak biasa. Kolase juga diciptakan untuk menyampaikan suatu pesan tersirat atau mendapatkan pesan moral dari pengamatnya.

Contoh Kolase Terkenal

Beberapa contoh karya seni kolase terkenal antara lain:
1. Pablo Picasso: Seated Woman (1921)
2. Kurt Schwitters: Das Undbild (1919 – 1922)
3. Gerhard Richter: Abstraktes Bild (1991)

Baca Juga :  Trading Mania: Mengalami Keajaiban "Robot Trading"

Kesimpulan

Kolase termasuk ke dalam karya seni dua dimensi maupun tiga dimensi. Karya seni ini dibuat dengan cara menyatukan beberapa bahan yang berbeda menjadi satu kesatuan dan bisa berupa kertas, kain, plastik, kayu, logam atau bahan lainnya. Terdapat beberapa teknik dalam membuat karya seni kolase seperti teknik potong dan tempel serta teknik aplikasi. Makna dari karya seni kolase bisa berupa keindahan tampilan, pesan tertentu dan lain-lain. Pada kolase, pengamat disuguhkan dengan komposisi yang unik dan tidak biasa. Beberapa contoh karya seni kolase terkenal, antara lain yang dibuat oleh Pablo Picasso (Seated Woman), Kurt Schwitters (Das Undbild) dan Gerhard Richter (Abstraktes Bild).