cara setting tv analog ke digital tanpa set top box

Daftar Isi : show

Melihat Siaran Digital Tanpa Set Top Box

Salam Sobat Tekno! Kini dengan berkembangnya teknologi televisi sudah merambah ke layar digital. Siaran televisi masa kini sudah beralih ke layar digital dengan kualitas gambar yang lebih baik dan lebih tajam. Sayangnya, masih banyak rumah-rumah di Indonesia yang belum berlangganan televisi berbayar atau tidak mempunyai set top box (STB) dengan sistem siaran digital. Tetapi tenang saja, Sobat Tekno! Kita dapat menikmati siaran televisi digital dengan TV analog yang dimiliki tanpa harus membeli set top box. Berikut cara mudahnya:

Alat yang dibutuhkan: Langkah-langkah yang harus dilakukan:
Antena indoor
  1. Cari titik terbaik posisi antena di dekat jendela
  2. Sambungkan antena ke input RF TV
  3. Pastikan TV dalam posisi ON
  4. Pilih ‘Menu’ pada remote control
  5. Pilih ‘Set Up’
  6. Lalu pilih ‘Antenna Setting’
  7. Pilih ‘Auto Scan’ dan tunggu hingga selesai
  8. Selesai!
Antena outdoor
  1. Pilihkan antena yang mempunyai panjang minimal 2m
  2. Pilihkan kabel feeder yang kualitas baik
  3. Gantungkan antena pada ketinggian yang cukup tinggi
  4. Sambungkan kabel feeder yang telah disiapkan pada bagian belakang antena dan TV
  5. Pilih ‘Menu’ pada remote control
  6. Pilih ‘Set Up’
  7. Lalu pilih ‘Antenna Setting’
  8. Pilih ‘Auto Scan’ dan tunggu hingga selesai
  9. Selesai!
Baca Juga :  cara setting tv digital weyon

Kelebihan Setting TV Analog ke Digital Tanpa Set Top Box

Terdapat beberapa kelebihan yang Sobat Tekno dapat peroleh saat melakukan setting TV analog ke digital tanpa set top box:

  1. Biaya lebih murah, karena tidak perlu membeli set top box yang cukup mahal. Sobat Tekno cukup membeli antena dalam ruangan atau luar ruangan yang harganya relatif lebih murah dari pada set top box.
  2. Mudah dipasang dan tidak membutuhkan jasa pemasangan yang mahal.
  3. Terdapat pilihan channel yang lebih banyak jika dibandingkan dengan siaran analog
  4. Sinyal yang digunakan lebih kuat dari siaran analog, sehingga kualitas gambar dan suara lebih baik.
  5. Tidak perlu membayar biaya bulanan. Sobat Tekno cukup membeli satu kali antena dalam ruangan atau antena luar ruangan dengan kabel dan sudah bisa menikmati siaran televisi digital selamanya.
  6. Lebih ramah lingkungan karena tidak ada baterai atau limbah elektronik yang menumpuk
  7. Tidak membutuhkan jaringan internet atau koneksi wifi. Sobat Tekno tetap dapat menikmati siaran televisi digital walaupun tidak mempunyai akses internet

Kekurangan Setting TV Analog ke Digital Tanpa Set Top Box

Selain kelebihan, terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh Sobat Tekno sebelum memutuskan untuk menggunakan setting TV analog ke digital tanpa set top box:

  1. Tidak ada fasilitas penyimpanan (PVR), Soabt Tekno tidak bisa merekam acara favoritnya jika menggunakan TV analog dengan setting digital tanpa penyimpanan PVR
  2. Kualitas gambar dan suara yang didapat terkadang terpengaruh oleh cuaca, dan keadaan lingkungan, misal beban lain.
  3. Tidak semua channel yang dicari atau diinginkan ada dalam daftar channel yang muncul pada saat scanning.
  4. Meski sinyal digital yang digunakan lebih kuat dari siaran analog, tetapi sensivitasnya lebih rentan terhadap guncangan, penyimpangan dan perubahan bentuk. Jangan kaget jika gambar dan suara menjadi buram berhubung colokan rusak atau aktivitas lingkungan seperti ada pesawat terbang melewati antena.
  5. Banyak gangguan pada antena indoor seperti ulang tahun, acara Kenduri, kenaikan rutin komunitas dan lainnya.
  6. Harus melakukan scanning ulang setiap kali ada tambahan channel atau pencarian channel yang rusak
  7. Tidak semua televisi analog dapat diubah menjadi televisi digital. Tetapi kabar baiknya sekrang ini sangat sedikit TV analog, dan kebanyakan saat ini sudah berubah menjadi TV digital.

FAQ Tentang Setting TV Analog ke Digital Tanpa Set Top Box

Berikut ini beberapa FAQ yang sering ditanyakan tentang setting TV analog ke digital tanpa set top box:

Baca Juga :  cara setting tv analog ke digital tanpa stb

Q: Apa saja alat yang dibutuhkan untuk melakukan setting TV analog ke digital tanpa set top box?

A: Alat yang dibutuhkan untuk melakukan setting TV analog ke digital tanpa set top box antara lain antena indoor, antena outdoor, kabel coaxial 75 ohm, dan remot Control.

Q: Apa kelebihan melakukan setting pada TV analog ke digital tanpa set top box?

A: Terdapat beberapa kelebihan yang dapat Sobat Tekno peroleh saat melakukan setting TV analog ke digital tanpa set top box, di antaranya biaya lebih murah, mudah dipasang, terdapat pilihan channel yang lebih banyak, sinyal yang digunakan lebih kuat, tidak perlu membayar biaya bulanan, lebih ramah lingkungan, dan tidak membutuhkan jaringan internet atau koneksi wifi.

Q: Apa kekurangan melakukan setting pada TV analog ke digital tanpa set top box?

A: Kekurangan yang terdapat adalah tidak ada fasilitas penyimpanan (PVR), kualitas gambar dan suara yang didapat terkadang terpengaruh oleh cuaca, dan keadaan lingkungan, tidak semua channel yang dicari atau diinginkan ada dalam daftar channel yang muncul pada saat scanning, mudah terganggu oleh lingkungan, harus melakukan scanning ulang setiap kali ada tambahan channel atau pencarian channel yang rusak, dan tidak semua televisi analog dapat diubah menjadi televisi digital.

Q: Apakah jika menonton TV analog yang telah disetel pada TV digital tanpa set top box, perlu merubah posisi antena TV?

A: Ya, jika ingin mendapatkan kualitas gambar dan suara yang lebih baik pada setiap kali menonton maka sebaiknya merubah posisi antena yang dapat menangkap siaran TV nya.

Q: Apa yang harus dilakukan jika siaran televisi yang ditonton buram atau bergaris-garis ?

A: Jangan kaget jika gambar dan suara menjadi buram, terkadang terpengaruh oleh cuaca, dan keadaan lingkungan. Oleh karena itu cobalah untuk menempatkan antena dengan benar atau dapat menggunakan antena outdoor sehingga sinyal bisa di tangkap dengan kuat.

Q: Bagaimana jika televisi yang digunakan belum support untuk mendukung siaran digital?

A: Jika TV yang digunakan belum support untuk mendukung siaran digital, maka kita perlu membeli converter agar juga mampu mendukung siaran digital

Q: Apakah harus membeli antena indoor atau outdoor?

A: Terdapat dua jenis antena yang dapat Sobat Tekno pilih antara antena indoor dan outdoor. Jika tempat tinggal Sobat Tekno jauh dari stasiun TV maka lebih disarankan memilih antena outdoor, bila tidak bisa memilih antena indoor saja.

Q: Apakah sinyal yang digunakan lebih kuat dari siaran analog?

A: Ya, sinyal yang digunakan lebih baik dari siaran analog sehingga kualitas gambar dan suara lebih tajam.

Q: Apa keuntungan dari tidak membayar biaya bulanan akibat menggunakan sistem siaran digital?

A: Keuntungannya adalah Sobat Tekno cukup membeli satu kali antena dan kabel yang dibutuhkan dan dapat menikmati siaran televisi digital tanpa harus membayar biaya bulanan.

Baca Juga :  cara menyambungkan tv ke set top box

Q: Apakah menjalankan setting TV analog ke digital tanpa set top box mudah dilakukan?

A: Menjalankan setting TV analog ke digital tanpa set top box adalah mudah dilakukan,. Namun, Sobat Tekno harus memperhatikan posisi pemasangan antena dalam ruangan atau pun antena luar ruangan.

Q: Apa saja jenis antena outdoor yang dapat Sobat Tekno pilih?

A: Jenis antena outdoor yang dapat Sobat Tekno pilih antara lain antena Yagi, antena Grid, antena Discone, dan antena Panel.

Q: Apa yang harus dilakukan jika semua channel tiba-tiba hilang?

A: Jangan panik, Sobat Tekno perlu mengatur ulang channel untuk siaran televisi digital. Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih ‘Antenna Setting’ dan pilih ‘Auto Scan’ dan tunggu hingga selesai. Selesai!

Q: Apa yang menjadi penyebab gambar dan suara tidak tampil?

A: Gambar dan suara tidak tampil biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti posisi duduk antena dan cuaca yang tidak mendukung.

Q: Apa saja channel yang dapat sobat tonton setelah melakukan setting TV analog ke digital tanpa set top box?

A: Channel yang dapat Sobat Tekno tonton setelah melakukan setting TV analog ke digital tanpa set top box di antaranya adalah : RCTI Digital, SCTV Digital, Transtv, MetroTV, TVOne, ANTV Digital, KompasTV Digital, NET. TV, Indosiar, RTV, dan lain-lain.

Q: Apa jarak maksimal antena indoor yang harus ditempatkan agar dapat menangkap siaran yang maksimal?

A: Jarak maksimal antena indoor yang dibutuhkan biasanya sekitar 5 – 10 meter dari pemancar siaran TV.

Q: Haruskah saya membayar langganan bulanan saat menggunakan TV digital tanpa set top box?

A: Tidak perlu membayar langganan bulanan saat menggunakan TV digital tanpa set top box. Sobat Tekno hanya perlu membeli antena dan kabelnya saja.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara setting TV analog ke digital tanpa set top box, kita dapat menikmati siaran televisi digital dengan mudah dan tidak perlu membeli set top box. Selain itu kita juga dapat menikmati siaran televisi dengan biaya yang lebih murah dan lebih ramah lingkungan. Tetapi perlu diingat, meskipun setting ini mudah untuk dilakukan, Sobat Tekno harus memperhatikan lingkungan sekitar dan memperhatikan posisi antena untuk menangkap sinyal yang cukup kuat. Sehingga dapat menikmati siaran televisi dengan leluasa.

Disclaimer

Tulisan ini dibuat berdasarkan informasi yang ada dan dianggap akurat saat penulisan. Sebelum melakukan setting TV analog ke digital tanpa set top box, disarankan untuk mencari informasi yang lebih lengkap atau memanggil teknisi ahli. Penulis tidak bertanggung jawab atas semua kerusakan atau masalah yang mungkin terjadi akibat pengguna yang tidak hati-hati atau tidak bijak dalam menggunakan tips dan informasi yang diberikan.