cara setting antena tv digital

Daftar Isi : show

Mengenal Antena TV Digital

Sobat Tekno, jenis antena TV yang beredar di pasaran terdiri dari antena TV analog dan antena TV digital. Namun, saat ini antena TV analog mulai ditinggalkan dan diganti dengan antena TV digital. Hal ini terkait dengan pelaksanaan program migrasi siaran televisi analog ke digital yang telah diumumkan oleh pemerintah.

Nama Fungsi
Antena VHF Digunakan untuk menangkap saluran TV yang berada pada frekuensi VHF atau Very High Frequency.
Antena UHF Digunakan untuk menangkap saluran TV yang berada pada frekuensi UHF atau Ultra High Frequency.
Antena Booster Digunakan untuk memperkuat sinyal dari pemancar TV secara terus-menerus.

Kelebihan dan Kekurangan Antena TV Digital

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan antena TV digital yang perlu sobat Tekno ketahui:

Kelebihan Antena TV Digital

  1. Memiliki kualitas gambar yang lebih baik dan jernih dibanding antena TV analog.
  2. Mendukung siaran televisi HD atau high definition.
  3. Anda tidak perlu membayar biaya berlangganan TV kabel atau satelit.
  4. Lebih mudah dalam pemasangan dan pengaturan antenanya.
  5. Tidak terpengaruh oleh cuaca atau kondisi lingkungan sekitar.
  6. Mendukung siaran televisi digital gratis yang disiarkan oleh stasiun TV lokal.
  7. Anda bisa menonton siaran televisi tanpa adanya gangguan dari iklan.
Baca Juga :  cara setting remot tv polytron

Kekurangan Antena TV Digital

  1. Apabila antena TV digital berada pada daerah yang minim sinyal, maka sinyal yang diterima akan buruk.
  2. Kualitas gambar akan menurun secara drastis apabila sinyal yang diterima buruk atau tidak stabil.
  3. Diperlukannya peralatan tambahan seperti receiver dan dekoder agar dapat menikmati tayangan televisi.
  4. Berbeda dengan TV kabel atau satelit, antena TV digital tidak menawarkan channel yang beragam serta kualitas gambar yang seragam pada setiap channel.
  5. Tidak dapat digunakan untuk menonton program TV yang sama secara simultan pada lebih dari satu TV.
  6. Sinyal yang diterima tergantung pada posisi dan arah dari antena TV digital itu sendiri.
  7. Anda tidak akan bisa mengakses channel TV yang belum menyesuaikan dengan sistem TV Digital.

Cara Setting Antena TV Digital

Sebelum sobat Tekno memulai cara setting antena TV digital, pastikan antena TV sudah terpasang dengan benar dan belum dihubungkan dengan kabel coaxial atau kabel listrik. Inilah langkah-langkahnya:

1. Tentukan jenis antena TV digital yang sesuai dengan kebutuhan.

Pertama, sobat Tekno perlu menentukan jenis antena TV digital yang sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya pilih antena TV digital yang mampu menangkap sinyal dari frekuensi VHF dan UHF.

2. Pilih posisi yang tepat untuk meletakkan antena TV digital.

Sobat Tekno perlu menentukan posisi yang tepat untuk meletakkan antena TV digital. Sebaiknya letakkan antena tersebut pada tempat yang tinggi dan bebas hambatan. Tempat yang dapat menjadi pilihan seperti atap rumah atau di area outdoor pada tempat yang lebih tinggi.

3. Tentukan arah pemancar TV terdekat.

Setelah menentukan posisi antena TV digital, sobat Tekno perlu mengetahui arah pemancar TV terdekat. Dalam hal ini dapat dilakukan dengan mengunjungi situs web berikut https://longitudelatitude.org/id/.

4. Siapkan alat untuk mengukur sinyal antena TV digital.

Agar memudahkan dalam mengetahui kualitas sinyal antena TV digital yang diterima oleh antena sobat Tekno, persiapkan peralatan pengukur sinyal digital seperti digital TV signal meter atau alat serupa.

5. Hubungkan antena TV digital dengan kabel coaxial ke TV.

Selanjutnya, hubungkan kabel coaxial dari antena TV digital ke port yang tersedia di belakang TV sobat Tekno. Pastikan kabel sedang terhubung dengan baik.

Baca Juga :  cara menyambungkan remot ke tv

6. Nyalakan TV dan scan kanal TV.

Setelah merangkai antena dan TV, nyalakan TV sobat Tekno. Kemudian lakukan scan kanal TV. Hal ini bertujuan untuk mencari saluran TV yang tersedia.

7. Atur posisi antena TV digital.

Sobat Tekno perlu mengatur posisi antena TV digital agar sinyal yang diterima menjadi kuat dan jernih. Untuk mengukur sinyal yang diterima, gunakan alat pengukur sinyal digital. Dalam menjalankan pengaturan posisi arah antena TV digital, sobat Tekno perlu membuka menu pemilihan sumber sinal yang ingin dideteksi. Biasanya ada perintah untuk menghitung jumlah sinyal yang diterima. Setelah mendeteksi jumlah sinyal yang diterima oleh TV, biasa terdapat pilihan untuk “memindah`kan antena ke kanal yang akan diterima. Pindahkan antena ke arah sumber sinyal yang diinginkan dan bacalah hasil pemindaian yang tertera pada layar TV dan Anda akan dapat mengatur sinyal pada kanal yang diinginkan.

FAQ

1. Bagaimana Mengetahui Sinyal Antena TV Digital yang Baik?

Cara mengetahui sinyal antena TV digital yang baik adalah saat kita mengalami minimal gangguan atau noise. Biasanya, gangguan tersebut terjadi pada layar TV ketika sinyal yang diterima lemah atau terputus-putus.

2. Bagaimana untuk Mengetahui Lokasi Antena TV?

Anda bisa mengecek lokasi antena TV pada website yang menyediakan penghitungan jarak dan titik koordinat titik lokasi anda agar bisa digunakan sebagai referensi saat memasang antena TV.

3. Posisi antena tv digital dimana yang paling baik untuk ditempatkan?

Sebaiknya letakkan antena tersebut pada tempat yang tinggi dan bebas hambatan. Tempat yang dapat menjadi pilihan seperti atap rumah atau di area outdoor pada tempat yang lebih tinggi.

4. Apakah Merubah Letak Antena Bisa Meningkatkan Sinyal Tertangkap?

Ya, Anda bisa mengatur arah dan posisi antena untuk menangkap sinyal televisi yang lebih baik.

5. Apa yang Membuat Gambar TV Mengecil Atau Bisa Hilang?

Hal ini bisa saja terjadi ketika sinyal yang diterima tidak cukup kuat atau stabil. Hal ini bisa terjadi akibat beberapa faktor, seperti jarak antena TV dengan stasiun pemancar, kondisi cuaca, atau pengaruh objek-objek di sekitarnya.

6. Apa yang harus dilakukan jika gambar TV masih buram setelah melakukan proses pemasangan harussesudah terpasang dengan benar?

Hal ini bisa disebabkan oleh perbedaan arah atau posisi antena TV digital. Jika masih buram, coba untuk mengubah posisi atau arah antena TV terlebih dahulu. Baru kemudian coba scan kanal TV kembali

7. Apa saja yang diperlukan untuk memasang antena TV digital?

Anda membutuhkan antena TV digital, kabel coaxial, alat untuk mengukur sinyal, receiver atau dekoder, dan tentunya TV digital.

Baca Juga :  cara memprogram tv digital

8. Apakah harus membeli antena TV digital yang mahal agar mendapatkan kualitas gambar yang baik?

Tidak. Saat ini banyak antena TV digital yang menawarkan kualitas gambar yang baik dengan harga yang cukup terjangkau.

9. Apakah perlu mengaktifasi ulang TV Digital saat berganti satu TV ke TV Digital lainya?

Tidak. Biasanya jika TV yang baru di beli sudah diaktivasi oleh pihak produsennya.

10. Selain Antena TV, Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan Saat Memasang Antena TV Digital?

Selain antena tv digital sobat Tekno memerlukan kabel coaxial, alat bantu pengukur sinyal, dekoder dan tentunya atau TV saja jika sudah digital.

11. Bagaimana Cara Memperbaiki Antena TV Digital Yang Tidak ada Siaran?

Langkah pertama adalah harus memastikan posisi antena TV digital yang tepat, periksa kembali kabel coaxial dengan TV dan periksa receiver atau decoder serta kualitas dari tahap scan kanal TV.

12. Sekarang Saluran TV Digital Sudah Lama Mati, Apakah Masih Bisa Dipakai?

Bisa. Namun Anda memerlukan bantuan untuk melakukan layanan pemulihan sinyal terkini. Hubungi penyedia layanan gesitsi di daerah tempat Anda tinggal.

13. Apakah ada pemancar TV yang tidak bisa ditangkap oleh Antena TV Digital?

Iya, karena keterbatasan dari pemancar televesi itu sendiri, oleh karena itu ada kemungkinan pemancar di beberapa wilayah daerah tidak bisa ditangkap oleh Antena TV Digital

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara setting antena TV digital yang tepat, sobat Tekno bisa menikmati tayangan televisi dengan lebih jernih dan berkualitas tinggi. Antena TV digital memiliki beragam kelebihan dan kekurangan, namun dengan pemasangan yang tepat dan pengaturan yang baik, sobat Tekno bisa memacak kanal-kanal TV yang tersedia dengan lebih mudah.

Bagi yang masih bingung, sobat Tekno perlu memastikan posisi antena TV digital yang tepat, menggunakan alat pengukur sinyal untuk mengetahui kualitas sinyal yang diterima, dan mengatur posisi antena hingga sinyal yang ditangkap menjadi kuat dan jernih. Pastikan pula untuk memilih antena TV digital yang sesuai dengan kebutuhan, agar tayangan televisi yang ditonton bisa terlihat lebih baik.

Penutup

Semoga artikel tentang cara setting antena TV digital ini bisa bermanfaat bagi sobat Tekno. Jangan ragu untuk berbagi artikel ini kepada teman dan saudara yang membutuhkan. Terakhir, penulis menghimbau sobat Tekno untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, stay safe and healthy!